PENGERTIAN DAN LANGKAH - LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN CORE

CORE merupakan akronim dari connecting, organizing, reflecting, dan extending. Jadi Model pembelajaran Core ini merupakan Model Pembelajaran yang mengajak siswa untuk berpikir secara mendalam melalui kegiatan CORE. Core sendiri dapat dijabarkan sebagai berikut:

model pembelajaran CORE
  • Connecting yaitu tahap menghubungkan beberapa informasi lama dengan yang baru, atau konsep yang telah dipelajari di pertemuan lalu dengan konsep baru yang akan dipelajari.
  • Organizing yaitu Kegiatan yang berupa mengorganisasikan ide-ide untuk memahami materi yang diajarkan.
  • Reflecting yaitu suatu tahapan yang mengajak siswa untuk kembali memikirkan, merefleksikan, dan menggali beberapa informasi yang telah didapatkan.
  • Extending, Bermakna sebagai tahapan untuk mengembangkan, menemukan, mengembangkan dan menemukan hal-hal baru.


Dari uraian tahapan konsep model pembelajaran CORE, kita dapat mengambil suatu pemaknaan bahwa Model pembelajaran CORE ini mengajak siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran dan memiliki kemampuan berpikir yang menyeluruh. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan model pembelajaran CORE yang pada komponennya terdapat komponen-komponen berpikir kritis.

Langkah dalam pelaksanaan model pembelajaran CORE

  1. Dalam membuka pembelajaran, guru memperlihatkan sesuatu yang unik yang sedang tren, atau memperlihatkan cuplikan film yang sedang tren atau kegiatan apapun itu yang intinya adalah guru membuka pembelajaran dengan sebuah keunikan, dimana keunikan memiliki makna yang tersembunyi. Ada hal yang nanti dapat ditarik oleh guru kepada pengenalan materi yang akan dibahas.
  2. Proses connecting dimulai dengan guru mempertanyakan tentang konsep-konsep pembelajaran yang telah lalu.
  3. Organizing dilakukan dengan cara guru menanyakan pendapat atau ide-ide yang dimiliki siswa terhadap konsep yang akan dipelajari.
  4. Setelah pemberian materi pelajaran telah dilaksanakan, langkah selanjutnya guru membagi siswa menjadi kelompok kecil. Kelompok kecil tadi selanjutnya diskusi membahas dengan kritis tentang apa yang tadi dipelajari.
  5. Pada tahap inilah reflecting dimulai. Siswa dalam kelompoknya memikirkan kembali, mendalami, menggali informasi lebih dalam lagi melalui belajar kelompok.
  6. Sedangkan pada tahapan extending, siswa diberikan tugas secara individu untuk memperluas, mengembangkan dan mempergunakan pemahaman tentang materi yang telah dipelajari.
Simak Juga Pengertian dan Langkah Model Pembelajaran TPS yang Benar
    Melalui tahapan penerapannya, model pembelajaran CORE memiliki tataran desain yang agak lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran kooperatif lainnya. Hal ini juga sekaligus sebagai sebuah tantangan bagi guru yang menerapkan. Apabila guru dalam tahapan CORE menyusunnya kurang tepat, maka pembelajaran yang diharapkan juga kurang sesuai dengan esensi model pembelajaran CORE.

    0 comments:

    Posting Komentar