Memahami Perbedaan Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran

Perbedaan Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran - Mengajar merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan, bagaimana tidak? dengan mengajar Anda dapat berinteraksi dengan orang banyak yang memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini pula yang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Anda yang berprofesi menjadi seorang guru untuk menemukan bagaimana caranya agar materi yang ingin Anda sampaikan dapat dipahami oleh setiap siswa Anda yang memiliki karakteristik berbeda.

Perbedaan Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran

Sebagai seorang guru hendaknya sebelum melakukan proses pembelajaran Anda melakukan persiapan terlebih dahulu agar tujuan yang sudah Anda targetkan dapat tercapai. Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah menentukan cara apa yang harus digunakan saat akan menyampaikan materi di kelas.

Sebagai seorang guru tentunya Anda telah familiar dengan berbagai cara yang tepat untuk menyampaikan suatu materi, namun terkadang Anda merasa kebingungan dalam proses menentukan model pembelajaran dan metode pembelajaran yang efektif, Nah untuk menambah wawasan anda tentang model pembelajaran, anda dapat menjadikan blog ini sebagai referensi karena blog ini dibuat khusus untuk anda para calon guru atau pendidik dan untuk para bapak dan ibu guru.

Diatas saya menyebutkan model pembelajaran dan metode pembelajaran, pertanyaannya apakah kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama ataukah berbeda? untuk mengetahui jawabannya simaklah artikel ini dengan baik, karena artikel ini mengulas perbedaan perbedaan metode pembelajaran dan model pembelajaran.

Perbedaan Antara model pembelajaran dengan Metode pembelajaran

1. Metode Pembelajaran
Berbagai pengertian yang dapat mengungkapkan metode pembelajaran. Misalkan dari segi bahasa metode merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan, sedangkan pembelajaran berarti sebuah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU Nomor 20 tahun 2003). Sehingga dapat kita simpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu alat atau cara yang digunakan pada proses pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

Karena metode ini merupakan suatu cara, maka yang dimaksud dengan metode pembelajaran pastilah akan lebih bersifat teknis dan langsung dapat diimplementasikan. Terdapat beberapa macam metode pembelajaran yang dapat diimplementasikan oleh seorang guru dalam proses pembelajarannya. Diantaranya adalah :
  • Metode Ceramah atau konvensional
  • Metode Diskusi
  • Metode Tanya Jawab
  • Metode Demonstrasi
  • Metode Eksperimen
  • Metode Drill


Dan masih banyak lagi metode pembelajaran lainnya. Masing-masing metode pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tidak ada metode yang paling bagus dan paling buruk, semua metode baik apalagi jika digunakan pada waktu dan kondisi yang tepat.

2. Model Pembelajaran
Secara bahasa model berarti rencana atau deskripsi, sedangkan pembelajaran menurut UU SISDIKNAS merupakan suatu interaksi yang dilakukan oleh peserta didik, pendidik dan sumber belajar dalam lingkungan belajar. Sehingga model pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rencana atau pola yang digunakan dalam penyelenggaraan sebuah pembelajaran. Dimana dalam model ini terdapat deskrpsi pembelajaran mulai dari awal hingga akhir proses. Selain dari itu dalam model pembelajaran telah mencakup metode pembelajaran di dalamnya.

Model Pembelajaran memiliki fungsi sebagai pedoman bagi pendidik yang bisa di sebut sebagai guru dalam melaksanakan proses pembelajarannya. Sehingga pada model pembelajaran sebaiknya terdapat metode pembelajaran, Media pembelajaran serta perangkat yang akan digunakan saat melakukan proses pembelajaran.

Agar dapat mempermudah saat seorang guru hendak menggunakannya dalam kegiatan keseharian.
Untuk mempermudah Anda menemukan perbedaan metode pembelajaran dan model pembelajaran, Anda dapat melihat ciri utama yang dimiliki oleh model pembelajaran, yaitu :

  • Model pembelajaran haruslah rasional teoritik, yang biasanya disusun oleh para ahli di dunia pendidikan.
  • Model pembelajaran memiliki tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dengan menerakan model tersebut.
  • Model pembelajaran memuat tingkah laku yang harus diperlukan dalam mengajar agar model tersebut dapat diterapkan dengan baik.
  • Model pembelajaran memerlukan lingkungan belajar khusus yang diperlukan agar tujuan pembelajaran yang telah ditentukan dapat tercapai.

Simak Juga Perbedaan Antara Prestasi Belajar dengan Hasil Belajar

Demikianlah pemaparan sederhana dari penulis mengenai perbedaan metode dan model pembelajaran, yang dapat kita simpulkan dari keduanya adalah perbedaan metode pembelajaran dan model pembelajaran yang paling menonjol adalah model pembelajaran bersifat lebih umum dan menyeluruh, sedangkan metode pembelajaran merupakan sebuah teknik atau cara yang dapat digunakan untuk menjalankan model pembelajaran.

0 comments:

Posting Komentar