Pengertian dan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Mind Mapping

Model Pembelajaran Mind Mapping merupakan salah satu pengembangan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran yang satu ini memanfaatkan otak siswa sebagai pusat untuk memperoleh informasi yang sedang dipelajari. Model ini menuntun siswa untuk memetakan pemikirannya terhadap materi yang tengah dipelajari, sehingga mudah untuk di pahami dan diingat.

Model pembelajaran Mind Mapping mengandalkan teknik grafik yang sangat sederhana namun sangat ampuh untuk merangkum sebuah materi yang sifatnya universal dan menjadi sebuah peta yang berisi blok-blok materi yang sangat mudah untuk diingat dengan menggunakan seluruh potensi yang dimiliki otak baik otak bagian kanan ataupun bagian kiri.

Model Pembelajaran Mind Mapping

Model Pembelajaran Mind Mapping ini mencatat pengetahuan yang kita miliki dengan cara yang sangat berbeda bila dibandingkan dengan catatan biasa, hal ini bertujuan agar catatan tersebut mudah diingat dan diulang kembali.

Catatan mind mapping memiliki beberapa ciri khas yang sangat mencolok bila dibandingkan dengan catatan biasa diantaranya adalah bila catatan hanya berupa tulisan biasa saja, mind mapping tampil berupa tulisan yang dilengkapi dengan simbol dan gambar.

Selain dari itu catatan biasa yang hanya menggunakan satu warna pada mind mapping ini menggunakan berbagai warna, terutama untuk konten yang penting sehingga mudah diingat. Dengan tampilan tersebut akan lebih mudah ketika kita akan mereview ulang materi yang telah dipelajari, selain dari itu juga dapat menonjolkan kreativitas siswa.

Langkah - Langkah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping




Jika Anda ingin menggunakan mind mapping untuk mengingat suatu materi, Anda harus melakukan beberapa langkah yang di anjurkan oleh Johan (Mahmuddin, 2009: 4), yaitu :
  1. Menyampaikan kompetensi yang hendak dicapai kepada siswa pada awal pembelajaran.
  2. Guru mengemukakan terlebih dahulu konsep yang akan dipelajari atau permasalahan yang akan dipecahkan oleh siswa.
  3. Mengelompokkan siswa dalam kelompok kecil dengan jumlah anggota sebanyak 2 hingga 3 orang
  4. Kelompok diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru.
  5. Tiap kelompok diarahkan untuk mencatat seluruh alternatif jawaban yang diperoleh dari hasil diskusi.
  6.  Masing-masing kelompok secara acak diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya, pada kesempatan ini guru mencatat di papan tulis dan mengelompokkan jawaban tersebut berdasarkan beberapa kriteria.
  7. Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan dari data yang telah dituliskan oleh guru di papan tulis.
Simak Juga Langkah - Langkah Model Pembelajaran STAD yang Benar

Model Pembelajaran Mind Mapping dapat memudahkan siswa untuk memahami suatu konsep atau materi secara bertahap, menuliskannya dengan cara yang menarik, sehingga dapat memudahkan siswa untuk meriview apa yang telah dipelajari.

Untuk mempermudah membuat mind mapping ada beberapa peralatan yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah kertas sebaiknya kertas polos tanpa garis serta pensil berwarna untuk menulis dan menggambar agar lebih menarik.

Membuat mind mapping juga memerlukan beberapa trik khusus agar terlihat lebih menarik, dianataranya adalah gunakan kotak dengan berbagai bentuk untuk memudahkan menarik, garis yang digunakan pun berbeda dimana garis tebal digunakan untuk unsur utama, dan garis tipis untuk unsur lainnya. selain dari itu penggunaan kata pun sangat diperhatikan, gunakanlah kata kunci saja dan untuk satu kata gunakanlah satu garis saja.

Kelebihan dan Kelemahan Model Pembelajaran Mind Mapping

Model Pembelajaran Mind Mapping memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah mengoptimalkan kedua bagian otak baik kiri maupun kanan, selain dari itu juga dapat menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, melatih kreativitas siswa dan memperkuat daya ingat siswa.

Namun model pembelajaran yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah tidak seluruh siswa dapat terlibat dalam mind mapping ini terutama siswa yang memiliki cara belajar audio yang kurang terfasilitasi serta ada beberapa bagian materi yang tidak dimasukkan kedalam mind mapping terutama yang sifatnya lebih detail.

0 comments:

Posting Komentar