Memahami Perbedaan Prestasi Belajar Dengan Hasil Belajar

Perbedaan prestasi belajar dengan hasil belajar - Belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan keterampilan dan kemampuan sehingga ilmu pengetahuannya bertambah. Untuk mengetahui berhasil atau tidak berhasilnya seseorang dalam belajar adalah dengan melakukan suatu evaluasi. Hasil dari evaluasi akan memperlihatkan tinggi rendahnya keberhasilan belajar seorang siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar dan prestasi belajar.

Perbedaan Prestasi Belajar Dengan Hasil Belajar

Dengan prestasi belajar maka dapat diketahui taraf penguasaan siswa terhadap materi yang telah diberikan selama proses belajar mengajar. Dalam proses untuk memperoleh hasil belajar yang baik diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga hasil belajar dapat terpenuhi dengan jumlah dari pengukuran hasil belajar diatas standar yang ada.

Di dalam proses pembelajaran tersebut peran guru sebagai pengajar berperan penting dalam rangka membantu untuk meningkatkan keberhasilan para siswa yang dipengaruhi oleh kualitas pengajaran dan juga faktor internal. Setiap siswa mengingingkan hasil belajar yang baik karena hasil belajar yang baik dapat membantu siswa untuk mencapai tujuannya. Hasil yang baik akan didapatkan dari proses belajar yang baik pula.

Pengertian Hasil Belajar dan Prestasi Belajar



Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang didapat dari proses belajar secara keseluruhan, tidak hanya pada satu aspek potensi saja. Penilaian terhadap hasil belajar dilihat secara komprehensif. Menurut pendapat Bloom, hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotoril. Kemampuan kognitif berupa pengetahuan, comprehension, menerapkan, analisis, synthesis dan evaluasi. Kemampuan afektif yaitu sikap menerima, respon, nilai, organisasi, karakterisasi, dan rountinized. Sedangkan kemampuan psikomotorik yaitu keterampilan produktif, teknik fisik, manajerial, intelektual dan sosial.

Prestasi belajar merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan proses pembelajaran. secara singkat bisa dikatakan bahwa prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar. Penilaian terhadap prestasi belajar memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang telah berjalan secara efektif. Prestasi belajar dapat diketahui dengan melihat secara nyata yang berupa nilai atau skor setelah siswa selesai mengerjakan suatu tes.

Simak Juga Perbedaan Makna Metode Pembelajaran dengan Model Pembelajaran

Perbedaan Hasil Belajar dengan Prestasi Belajar

Perbedaan prestasi belajar dengan hasil belajar dapat dilihat berdasarkan cara penilaiannya. Penilaian terhadap hasil belajar dilakukan setelah kegiatan pembelajaran selesai dilaksanakan. Sedangkan penilaian terhadap prestasi belajar dilakukan setelah beberapa hasil belajar dilakukan. Prestasi belajar ini dipengaruhi oleh faktor internal dalam diri siswa yang melaksanakan proses pembelajaran serta faktor eksternal. Faktor tersebut berupa IQ, minat, bakat, motivasi, kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar seorang siswa yaitu guru, materi yang diajarkan, latihan, sarana belajar, tempat serta lingkungan sosial.

Dari sisi pendidik yaitu guru, penilaian terhadap prestasi belajar dapat memberikan gambaran mengenai keefektifan cara mengajarnya. Guru dapat mengetahui apakah media dan pendekatan yang digunakan sudah mampu membantu siswanya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penilaian yang dilakukan dengan cara memberikan suatu tes atau ulangan juga membantu mengetahui kemampuan dan penguasaan yang telah dicapai oleh siswa.

Perbedaan prestasi belajar dengan hasil belajar lainnya yaitu hasil belajar bersifat kuantitatif dengan menunjukkan nilai tes seperti 70, 80, 90, 100 atau A, B, C. Sedangkan prestasi belajar adalah bersifat kualitatif ditunjukkan dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga sikap. Hasil belajar adalah kemampuan yang dapat diperoleh setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran. sedangkan prestasi belajar merupakan hasil atau kemampuan maksimum yang dapat dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran yang diberikan berdasarkan pengukuran tertentu.

0 comments:

Posting Komentar