Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Sholih Dan Sholikha

Memiliki seorang anak yang sholeh dan sholekha adalah impian semua orang tua. Untuk memiliki anak yang sholeh dan sholekha adalah tanggung jawab orang tua dalam mendidiknya. Lantas bagaimanakah tips mendidik anak secara islami agar menjadi anak yang sholeh dan sholekha? Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk dapat memiliki anak yang sholeh dan sholekha adalah dengan memberikan teori maupun praktik pendidikan serta dibarengi dengan doa kepada Sang Pencipta.

Tips Mendidik Anak Agar Menjadi Anak Sholeh Dan Sholekha

Namun secara teori hal tersebut mungkin akan tampak mudah namun dalam penerapannya dikehidupan nyata tidak semua orang tua berhasil mendidik anaknya dengan baik. Dalam mendidik anak, orang tua harus memahaminya secara menyeluruh tidak hanya sepenggal-sepenggal saja. Hal ini agar anak dapat tumbuh dengan baik secara intelektualnya, spiritual maupun emosionalnya.

Orang tua harus berjuang dengan keras dalam memberikan pendidikan kepada anak-anaknya agar akidah dan akhlak yang baik dapat tumbuh dalam diri anak. Oleh karena itu beberapa tips di bawah ini dapat membantu para orang tua untuk mendidik anaknya agar menjadi anak yang sholeh dan sholekha.

Tips Mendidik Anak Dengan Memberikan Contoh Yang Baik



Tips mendidik anak yang pertama adalah dengan memberikan contoh yang baik. Banyak orang yang berharap agar anak-anaknya dapat tumbuh menjadi anak yang baik. Namun harapan ini harus sebanding dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Akan lebih baik jika anda memberikan contoh yang baik agar anak anda menjadi anak yang sholeh dan sholekha. Jangan salahkan anak jika orang tuanya saja tidak dapat memberikan contoh yang baik. Hal ini dikarenakan anak cenderung meniru semua hal yang mereka lihat dan terjadi di sekitar mereka, termasuk dari perilaku orang tuanya. Untuk itu berilah contoh yang baik kepada anak anda agar anak anda dapat tumbuh dengan akhlak yang baik. Selain itu anak anda akan menjadi lebih penurut dan mau mendengarkan nasihat dari orang tuanya.

Simak Juga Tips Belajar Efektif agar anak sukses Belajar

Tips Mendidik Anak dengan Menciptakan Suasana Islami

Salah satu faktor yang dapat menunjang terbentuknya kepribadian seorang anak yang sholeh dan sholekha adalah dengan menciptakan suasana Islami dalam pendidikan dan juga pergaulannya. Tentu saja anak tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan akidah dan cara menjadi anak yang sholeh dan sholekha jika pendidikan Islami tidak diperkenalkan pada anak sejak dini. Dengan menciptakan suasana yang Islami pada pendidikan dan kehidupan anak-anak dapat membentuk karakter anak menjadi lebih baik. Tips mendidik anak dengan menciptakan suasana Islami dapat dilakukan dengan cara memasukkan anak ke sekolah Islam atau ke pondok pesantren. Jika anak terbiasa bergaul di lingkungan yang Islami maka anak akan menjadi terbiasa untuk bertutur kata yang baik dan bersikap yang santun.

Tips Mendidik Anak dengan Membiasakan Sholat 5 Waktu

Tips mendidik anak yang selanjutnya adalah dengan membiasakannya mengerjakan sholat 5 waktu terutama di waktu subuh. Membiasakan anak untuk mengerjakan sholat sangatlah penting karena dapat membuat anak mnjadi taat dalam beragama. Terlebih lagi jika anak anda terbiasa mengerjakan sholat di waktu subuh yang bahkan seringkali orang dewasa sulit untuk melakukannya. Jika sudah waktunya sholat ajaklah anak anda untuk sholat berjamaah di masjid. Jika anak anda tidak menurut sebaiknya anda sedikit tegas dengan menghentikan semua aktifitas. Anda juga bisa memberikan reward kepada anak anda apabila bisa mengerjakan sholat 5 waktu dalam waktu 1 bulan penuh. Memang awalnya anak akan mengharapkan imbalan namun hal ini dapat membuat anak menjadi terbiasa mengerjakan sholat hingga dia besar nanti.

0 comments:

Posting Komentar