Inilah Beberapa Tips Belajar Efektif Untuk Menghadapi Ujian Nasional

Tips belajar efektif untuk menghadapi Ujian Nasional perlu di sampaikan oleh guru kepada siswanya, mengapa??? karena banyak sekali siswa yang memiliki kebiasaan buruk dalam belajar, yaitu mereka seringkali belajar dengan sistem kebut semalam atau belajar secara berlebihan satu malam sebelum ujian nasional. Bagi anda yang saat ini sebagai siswa yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional, Sebaiknya hindari sistem belajar Sistem Kebut Semalam, dan Simaklah Tips Belajar Efektif Berikut Ini :

Tips Belajar Efektif

4 Tip Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional

Melakukan Persiapan Sebelum Ujian

Persiapan sebelum ujian ini sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum ujian. Hal ini dilakukan agar para siswa tidak belajar dadakan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu menggunakan sistem SKS.

Dengan melakukan persiapan maka siswa dapat mempelajari materi ujiannya secara bertahap. Sering menjadi kesalahan adalah pola pikir siswa yang merasa tidak memiliki waktu cukup menjelang ujian. Padahal proses belajar setiap harinya baik di sekolah ataupun di rumah merupakan salah satu persiapan untuk menghadapi ujian.



Belajar Setiap Hari dengan Efektif dan Efisien

Jika anda menginginkan anak anda berhasil dalam mengikuti ujian nasional. Maka tips belajar efektif untuk menghadapi ujian nasional adalah dengan belajar secara efektif dan efisien tiap harinya. Proses belajar secara efektif merupakan proses belajar yang menggunakan suatu metode dengan tepat sehingga tujuan dari belajar dapat tercapai.

Tujuan belajar tersebut yaitu untuk memahami materi pelajaran sehingga siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Belajar sebaiknya dilakukan setiap hari bukan hanya saat ujian akan dilangsungkan. Metode yang dapat digunakan agar belajar menjadi efektif adalah dengan cara menyimak, mencatat materi, mengulang materi di rumah hingga menyiapkan kondisi kondusif untuk belajar.

Simak Juga Teknik Membaca Cepat yang Efektif

Membuat Daftar Rumus - Rumus Penting

Tips belajar efektif untuk menghadapi ujian nasional yang ketiga yaitu dengan membuat daftar-daftar rumus penting. Membuat daftar rumus penting dilakukan untuk materi pelajaran seperti pelajaran matematika, fisika ataupun kimia. Buatlah daftar rumus-rumus penting yang ada pada setiap bab yang menggunakan rumus. Rumus penting tersebut dapat ditulis pada buku catatan atau bisa juga pada selembar kertas yang bisa ditempel di dinding.

Gunakan juga buku catatan yang kecil sehingga akan lebih praktis dibawa kemana saja. Bila perlu belilah kamus baku yang berisi keterangan maupun contoh agar tidak bingung saat menggunakan rumusnya. Untuk rumus penting yang ditulis pada kertas dan ditempel di dinding, tempellah pada dinding yang paking sering dilihat.

Hal ini akan berguna membantu anda untuk mengingat dan menghapal rumus-rumus tersebut. Untuk rumus-rumus tertentu yang sulit dihapalkan bisa diatasi dengan cara menggunakan metode khusus. Caranya yaitu dengan metose singkatan, plesetan ataupun dengan cara melibatkan rumus-rumus tersebut terhadap kehidupan sehari-hari.

Membiasakan Diri Dengan Mengerjakan Soal Latihan

Tips belajar efektif untuk menghadapi ujian nasional lainnya yaitu dengan rajin mengerjakan soal-soal latihan. Jika mempelajari pelajaran tertentu, usahakanlah untuk mengerjakan soal-soal latihannya. Keberhasilan dari mempelajari dan menguasi materi pelajaran tertentu adalah dari berhasil atu tidaknya mengerjakan soal-soal latihan tersebut.

Mengerjakan soal-soal latihan akan menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan dalam mengerjakan soal ujian nanti. Semakin banyak soal yang dikerjakan maka akan semakin banyak juga model soal yang dapat dikuasai. Latihan mengerjakan soal latihan ini sebenarnya merupakan kunci dari proses belajar. Jangan berpikir bahwa tanpa mengerjakan soal latihan anda sudah menguasai materi. Banyak siswa yang menguasai teori maupun rumus-rumus pelajaran namun saat mengerjakan soal mereka tidak terbiasa melakukannya. Jadi dengan terbiasa saat mengerjakan soal latihan maka siswa juga dapat terbiasa dengan soal yang kemungkinan akan keluar saat ujian.

0 comments:

Posting Komentar