Memahami Model Pembelajaran Life Skill dengan Benar

Model pembelajaran life skill merupakan sebuah model pembelajaran yang menekankan pada peningkatan kemampuan siswa dalam kecakapan hidupnya. Life skill sangat diperlukan agar siswa dapat bertahan hidup diera MEA yang saat ini telah digulirkan. Model pembelajaran life skills mengarahkan siswa untuk memiliki kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual dan kecakapan untuk bekerja sebagai modal dasar agar dapat hidup mandiri dan survive .

Model Pembelajaran Life Skill

Model pembelajaran life skills dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menitik beratkan pada latihan dan praktek secara langsung yang diintegrasikan pada pendidikan formal, sehingga model pembelajaran ini sangat tepat jika digunakan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Pembelajaran dengan metode yang satu ini menggunakan beberapa prinsip yaitu learning to know, learning to be dan learning to live together.

Model pembelajaran life skills dapat dilakukan melalui berbagai cara pembelajaran, tidak ada cara khusus untuk menggunakan model yang satu ini. Hal ini dikarenakan model ini dapat terintegrasi dengan model pembelajaran yang lainnya. berikut ini adalah beberapa cara pembelajaran yang dapat mengembangkan kecakapan hidup.

1. Memberikan Tugas Untuk Meningkatkan Kemampuan berfikir Siswa
Salah satu kecakapan hidup yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berfikir kritis, dan hal tersebut dapat dikembangkan dengan memberikan tugas dalam bentuk projek ataupun pertanyaan yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Dengan tugas tugas tersebut dapat pula menggali potensi belajar siswa yang lainnya, sehingga menyusun pertanyaan atau tugas yang dapat memicu siswa untuk berpikir kritis, analitis, evaluatif, dan kreatif merupakan hal yang harus dilakukan seorang guru untuk melatih life skill siswa.



2. Memberikan Soal yang Mengandung Langkah Pemecahan Masalah.
Saat memberikan tugas ataupun soal, berikanlah yang memiliki tingkat kesulitan tinggi agar dapat digunakan sebagai wahana berlatih dalam memecahkan masalah. Karena dengan memberi soal atau tugas tingkat tinggi maka akan mengasah kemampuan analitis, sintesis, dan ilmiah yang akan meningkatkan kecakapan life skill.

3. Menerapkan Pembelajaran Kooperatif
Salah satu strategi model pembelajaran yang dapat mengadopsi kemampuan life still adalah model pembelajaran kooperatif. Hal ini dikarenakan model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model yang dapat membuat siswa belajar lebih aktif, kreatif, dan pastinya lebih bermakna. Model pemebelajaran ini memberikan banyak kesempatan pada siswa untuk menjelaskan materi kepada temannya satu sama lain. Sehingga pada proses ini anak dapat berlatih berkomunikasi dan bekerjasama.

4. Menerapkan pembelajaran Inkuiri dan Discoveri
Kedua model pembelajaran tersebut mengajak para siswanya untuk menemukan sendiri sebuah konsep ataupun pemahaman materi yang sedang dipelajari. Sehingga dalam proses pembelajarannya siswa dituntut berperan aktif dalam kegiatan di dalam kelas. Berbagai cara digunakan untuk menemukan konsep tersebut seperti eksperimen, diskusi, dan menelaah berbagai sumber sehingga melatih berbagai kemampuan siswa mulai dari berfikir kritis, bertanggung jawab, jujur, teliti dan beberapa kemampuan yang lainnya. dan itu merupakan life skill yang harus dimiliki setiap anak agar dapat bertahan hidup.

Simak Juga Cara Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Persaingan di dunia kerja memanglah sangat nyata, sehingga life skill anak memang harus ditumbuhkan. Karena model yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan diantaranya adalah memberi bekal survive untuk kehidupannya kelak. Namun model pembelajaran life skill ini pun memiliki sedikit kekurangan diantarnya adalah terkadang waktu pembelajaran yang telah ditentukan untuk menyelesaikan suatu materi tidak mencukupi sehingga target yang telah ditentukan kadang kala tidak tercapai. Demikian Artikel yang dapat admin blog anekamodelpembelajaran.blogspot.co.id sampaikan tentang model pembelajaran life skill, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar