MEMAHAMI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN TEPAT

Model Pembelajaran Berbasis Komputer Terlahir dari Perkembangan Teknologi. Teknologi informasi saat ini berkembang seakan tanpa batasan. Setiap detik yang berlalu hampir dapat dipastikan berkembang setidaknya satu teknologi terbaru.

model pembelajaran berbasis komputer

Demikian cepatnya perkembangan teknologi ini juga harus kita sikapi dengan pemaknaan yang positif. Artinya, kita gunakan perkembangan teknologi yang ada untuk mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam hal pendidikan, kita dapat membawa kemajuan teknologi ini dalam aneka bentuk model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut salah satunya adalah model pembelajaran berbasis komputer.

Model pembelajaran berbasis komputer dimaksudkan sebagai sebuah model pembelajaran yang mempergunakan teknologi komputer sebagai dasar dalam kegiatan pembelajaran. Teknologi komputer tersebut misalnya saja CD pembelajaran, aplikasi pembelajaran, software yang dapat menunjang pembelajaran dan lain sebagainya.

Dasar dari pemanfaatan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran adalah Keppres No.50 Tahun 2000 Tentang Pengadaan Tim Koordinir Telematika Indonesia yang mengatur tentang:
  • Mengembangkan ICT network untuk umum dan universitas seperti riset dan pendidikan network di Indonesia.
  • Mempersiapkan suatu rancangan pengembangan sumber daya manusia dalam mengaplikasikan ICT.
  • Mengembangkan dan pada tataran selanjutnya dapat diterapkan kurikulum berbasis ICT.
  • Menggunakan ICT sebagai suatu bagian dari kurikulum pembelajaran di sekolah, universitas dan pusat-pusat pelatihan.
  • Mengadakan program yang berhubungan dengan pendidikan dengan mengikutsertakan sekolah- sekolah dalam pembelajaran seluas-luasnya.
  • Memfasilitasi penggunaan internet dengan efesien dalam proses pembelajaran.
Dari karakteristik pola yang ingin dibangun dalam menggunakan teknologi komputer dalam pembelajaran, dapat disebut bahwa Model pembelajaran berbasis kompetensi memiliki prinsip sebagai berikut:

Prinsip dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Komputer

  • Tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
  • Orientasi pelaksanaannya berupa pembelajaran individual, dimana siswa mengoperasikan komputer di laboratorium. Dengan maksud agar masing-masing individu biasa dan mampu mengoperasikan komputer.
  • Karena orientasinya berupa pembelajaran yang individual, maka sistem pembelajarannya berprinsip mandiri. Artinya proses pengembangan kemampuan siswa dapat dilanjutnya sendiri oleh siswa yang bersangkutan di luar kegiatan pembelajaran di sekolah.
  • Orientasi materi pembelajaran dilakukan secara tuntas, karena menyangkut keterampilan pengoperasionalan peralatan komputer.


Beberapa Bentuk Model Pembelajaran berbasis komputer

Bentuk-bentuk model pembelajaran berbasis komputer memiliki beberapa model yaitu:

1. Model drill

Model drill ini merupakan bentuk cara guru untuk memberikan latihan terus menerus kepada siswa. Gunakanlah beberapa selingan dalam latihan-latihan tersebut sehingga siswa tidak merasa bosan.

2. Model tutorial

Model tutorial juga biasa dimaknai sebagai model pembimbingan. Guru melakukan pembimbingan kepada siswa, tentunya dengan materi yang dapat diajarkan dengan berbasis komputer.

3. Model simulasi

Model simulasi ini diartikan sebagai guru mensimulasikan dengan alat bantu komputer tentang materi yang diajarkan.

4. Model instructional games

Model pengarahan dengan bermain sebuah permainan yang berbasis peralatan komputer.

Langkah - Langkah Model Pembelajaran Berbasis Komputer

Langkah dalam penerapan model pembelajaran berbasis komputer adalah sebagai berikut:
  1. Menetapkan tujuan pembelajaran.
  2. Menetapkan model mana yang akan diterapkan dalam pembelajaran berbasis komputer.
  3. Setelah ditetapkan satu model, maka selanjutnya desain pembelajaran disesuaikan dengan model yang dipilih tadi. Dipersiapkan juga berbasis komputer dan serangkaian software atau aplikasi yang akan digunakan.
  4. Guru memantau perkembangan proses pembelajaran.
  5. Kemampuan akhir siswa kembali dilihat dari hasil yang telah dilalui dengan cara praktek berbasis peralatan komputer.
Simak Juga artikel Tentang Model Pembelajaran CORE

Dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis komputer ini adalah model pembelajaran yang pelaksanaannya harus berdampingan dengan komputer. Segala aktivitas pembelajaran, hingga pada proses penjelasan oleh guru, dilakukan dengan peralatan komputer. Sehingga dapat kita ambil sebuah pemahaman, model pembelajaran berbasis komputer hanya dapat dimanfaatkan untuk materi pelajaran yang benar-benar dapat dikaitkan dengan media komputer.

0 comments:

Posting Komentar