Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model pembelajaran yang mempergunakan media pembelajaran gambar-gambar yang proses pelaksanaannya siswa diminta untuk mengurutkan dan merangkaikan gambar tersebut sehingga menjadi sebuah kronologi cerita. Melalui gambar-gambar inilah proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan akhir.
Pada tahap definisi di atas dapat menarik sebuah pemaknaan bahwa model pembelajaran picture and picture ini guru harus mempersiapkan gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang nantinya gambar tersebut akan ditampilkan di depan kelas, dan penampilannya dapat disesuaikan dengan inovasi dan kreatifitas guru. Misalnya saja gambar dapat berupa gambar di kertas atau gambar melalui LCD proyektor.
Dari bentuk pelaksanaannya, dapat kita katakan bahwa model pembelajaran picture and picture ini berupaya untuk memancing kemampuan siswa dalam berpikir dan menganalogikan gambar menjadi gagasan di otak dan kemudian merangkai menjadi pemahaman sesuai materi. Model ini karena menggunakan gambar yang cukup sederhana, maka cocok untuk diterapkan di tingkat sekolah dasar, karena usia siswa yang masih belia sehingga mudah untuk dipancing menggunakan gambar sekaligus sebagai fariasi dalam bercerita. Namun jika akan diterapkan dalam tingkat sekolah yang lebih tinggi, perlu adanya penyesuaian penggunaan media gambar. Alasannya tentu karena usia yang sudah dewasa sehingga rasa-rasanya kurang sesuai jika harus dihadapkan dengan gambar yang ditampilkan secara sederhana.
Langkah-Langkah Model pembelajaran picture and picture
Langkah dalam penerapan model pembelajaran picture and picture sebagai berikut:
- Tahap pertama jelas sekali adalah merumuskan tentang tujuan akhir pembelajaran yang ingin dicapai.
- Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan materi, mempersiapkan alur pembelajaran, dan adakah alat tambahan yang perlu dipersiapkan terkait dengan media gambar yang nanti akan ditampilkan.
- Guru menyampaikan materi sebagai awal pembuka pemahaman siswa.
- Pada proses pemahaman materi, guru menampilkan gambar yang tadi telah dipersiapkan.
- Siswa diberikan kesempatan sejenak untuk berpikir dan merancang fisualisasi dari gambar yang dihubungkan dengan materi.
- Guru selanjutnya memanggil siswa untuk meruntutkan gambar yang telah ditampilkan.
- Guru juga menanyakan tentang alasan dari siswa tersebut mengapa runtutan gambar yang disusun seperti itu dan bagaimana tanggapannya.
- Sambil mendengarkan penjabaran dari siswa, guru memberikan arahan dan kesimpulan dari gagasan yang telah diruntutkan oleh siswa.
Simak Pula Pembahasan Model pembelajaran everyone is a teacher here
Dari tahapan yang telah diurangkan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model pembelajaran yang memerlukan persiapan media pembelajaran dan alur pembelajaran yang dapat memastikan bahwa siswa tidak akan mengalami kesulitas dalam pemaknaan atau pengorganisasian gambar.
0 comments:
Posting Komentar