DESKRIPSI DAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING

Model pembelajaran experiental learning adalah model pembelajaran yang bertitik berat pada hasil pengalaman belajar siswa yang kemudian menjadi sebuah konsep pengetahuan. Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan dengan tujuan agar mereka memiliki berbagai macam pengalaman yang akan memperkaya pemahaman mereka tentang sebuah tema atau materi.

Model pembelajaran Experiential Learning

Melalui penjaringan pengalaman yang diperoleh siswa, mereka akan memiliki kemampuan berpikir secara kritis dan logis. Hasil pemikiran yang diperoleh akan menjadi pemahaman yang konkrit karena itu adalah hasil dari dari konstruksi ide masing-masing mahasiswa. Pemahaman yang berasal dari hal semacam ini biasanya akan menjadi pemahaman yang berjangka panjang.



Sintaks model pembelajaran experiental learning

Adapun sintaks atau langkah dalam menerapkan model pembelajaran experiental learning adalah sebagai berikut:
  1. Guru merumuskan apa yang ingin menjadi tujuan akhir dari proses pembelajaran.
  2. Guru dapat memulai materi dengan memperkenalkan materi pembahasan, terutama dengan cara memberikan rangsangan berupa kejadian-kejadian nyata, contoh pekerjaan, contoh peristiwa atau kasus. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan arahan pemikiran siswa.
  3. Siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat diterapkan secara kelompok atau individu. Yang terpenting adalah mereka memiliki beberapa pengalaman dasar yang dapat digunakan untuk mengkonstruksi gagasan.
  4. Siswa dibawa menuju keadaan atau peristiwa nyata.
  5. Siswa diberikan tanya jawab dengan guru terkait dengan pengalaman yang dimilikinya dalam mempelajari tema yang disajikan.
  6. Guru memberikan kesimpulan dan memberikan pemahaman yang benar bagi siswa.
Simak juga pembahasan tentang Pengertian dan Sintak model example non example

Dapat kita ambil kesimpulan bahwa model pembelajaran experiental learming memiliki kekuatan utama pada kemampuan guru dalam mengorganisasikan pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Berbagai pengalaman dapat digunakan sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan dalam blog anekamodelpemebelajaran ini, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang model pembelajaran experiental learning.

0 comments:

Posting Komentar