PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN LANGKAHNYA

Model Pembelajaran Demonstrasi merupakan sebuah model belajar dimana guru memberikan contoh secara praktek dihadapan para siswa. Tujuan penggunaan model ini tentu untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru.

Model Pembelajaran Domonstrasi

Materi yang cocok disampaikan dengan model pembelajaran demonstrasi adalah materi yang berkarakteristik praktek, proses terjadinya sesuatu atau urutan tata cara.

Misalnya saja dalam mata pelajaran bahasa Indonesia guru dan siswa sampai pada materi membaca puisi, atau pada mata diklat SMK jurusan Administrasi Perkantoran terdapat materi pelayanan prima, serta misalnya pada mata pelajaran IPA dimana para siswa diajarkan untuk mempergunakan microscope.

Pada beberapa contoh kecil tersebut, salah satu model pembelajaran yang cocok adalah demonstrasi.

Langkah - Langkah Model Pembelajaran Demonstrasi



Adapun langkah penerapan model pembelajaran demonstrasi sebagai berikut:
  1. Guru arus memiliki rencana atau garis besar pelaksanaan demonstrasi terkait waktu pelaksanaan, tempat demonstrasi dan kebutuhan peralatan lain jika dibutuhkan.
  2. Dalam proses demonstrasi ini, guru harus tetap memperhatikan siswa apakah mereka mampu mengikuti setiap demonstrasi yang ditampilkan atau tidak. Oleh sebab itu, guru harus memastikan semua siswa memahami instruksi yang diberikan oleh guru sejak awal hingga proses demonstrasi berjalan.
  3. Guru tetap memberikan siswa untuk bertanya atau memberikan tanggapan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Hal ini berfungsi sebagai arahan agar siswa tetap berperan aktif dalam proses berpikirnya.
  4. Dalam setiap proses demonstrasi yang ditampilkan, guru memberikan alasan mengapa hal tersebut dilakukan.
  5. Guru dapat meminta siswa untuk bergantian melakukan demonstrasi dengan terlebih dahulu melakukan klarifikasi apakah siswa sudah memahami setiap prosesnya. Hal ini penting karena jika demonstrasi yang dilaksanakan terkait dengan bahan-bahan kimia berbahaya, dapat dilakukan tindakan pencegahan.
  6. Penilaian terhadap siswa dapat dilakukan dengan membuat laporan kegiatan jika itu terkait hal praktikum, penilaian proses pelaksanaan jika itu kegiatan yang berkaitan dengan tata cara.
Simak Juga Sintak Model Pembelajaran Selanjutnya cobalah simak Discovery Learning

Dengan demikian perlu kembali diingat bahwa model pembelajaran demonstrasi ini adalah model pembelajaran yang guru atau siswa diminta untuk memperagakan sesuatu dihadapan siswa yang lainnya.

Kunci pokok yang harus dipegang teguh adalah keaktivan siswa dalam memperhatikan dan rasa ingin tahu yang besar.

Tanpa kedua hal tersebut apapun yang didemontrasikan oleh guru hanya akan menjadi tontonan tanpa makna. Oleh karena itu kepekaan guru dalam melihat siswa selama proses demonstrasi berlangsung sangat diperlukan.

0 comments:

Posting Komentar