LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE

Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here merupakan sebuah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif dan berupaya untuk menjadikan semua siswa sebagai narasumber. Ya, narasumber. Seluruh siswa diberikan kesempatan untuk memberikan gagasan atau pandangan atau idenya untuk dikemukakan di depan siswa yang lain layaknya seperti seorang guru yang sedang memberikan penjelasan materi.

Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here

Guru meyakini bahwa setiap siswa pada dasarnya memiliki pendapatnya masing-masing, sehingga melalui sebuah sesi siswa akan diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pandangan yang dimilikinya. Melalui cara seperti ini siswa akan berlatih untuk memberikan penjelasan yang baik kepada seluruh temannya. Hal ini juga dapat dikategorikan sebagai keunggulan dari metode everyone is a teacher here.

Langka Langkah Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here




Tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut:
  1. Guru menetapkan tujuan pembelajaran.
  2. Guru mempersiapkan bahan belajar bagi siswa. Bahan belajar dapat berupa buku pelajaran, materi studi kasus atau melalui media yang lainnya.
  3. Guru membuka pembelajaran dengan memperkenalkan materi yang akan dibahas.
  4. Bahan belajar yang telah disiapkan oleh guru pada tahap ini dibagikan kepada seluruh siswa. Selanjutnya siswa diberikan penugasan untuk membaca materi yang hari itu akan dipelajari.
  5. Setelah siswa membaca buku atau bahan belajar tersebut, selanjutnya guru meminta mereka untuk menuliskan pertanyaan tentang hasil bacaannya pada selembar kertas kecil.
  6. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dikumpulkan dengan cara dilipat sehingga menjadi sebuah gulungan kertas.
  7. Gulungan kertas dikocok oleh guru.
  8. Selanjutnya hasil kocokan dibagikan kepada seluruh siswa.
  9. Setelah masing-masing siswa mendapatkan kertas, guru menyuruh siswa untuk membaca dalam hati soal yang dia dapatkan dan diberi waktu untuk menyusun jawaban sesuai dengan pendapatnya.
  10. Guru memanggil nama siswa, dan selanjutnya siswa tersebut menjawab didepan kelas (menerangkan kepada siswa yang lain). Siswa lainnya diminta untuk memberikan tanggapan atas jawaban siswa tersebut.
  11. Guru pada tahap akhir memberikan kesimpulan dari apa yang mereka pelajari.
Simak Juga Pembahasan Model Pembelajaran Corse review Horay

Pada tahapan yang terlah disampaikan di atas, maka dapat kita ketahui bahwa pelaksanaan model pembelajaran everyone is a teacher perlu persiapan berupa bahan bacaan yang tepat sesuai dengan karakteristik kemampuan pemahaman siswa, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi saat mereka membaca sendiri, karena hasil pemahaman mereka akan mereka gunakan dalam menjawab pertanyaan yang didapat.

Kesimpulan yang dapat kita dapatkan tentang model pembelajaran everyone is a teacher yaitu model pembelajaran ini membantu siswa untuk menguasai pemahaman materi dengan hasil yang telah mereka konstruksikan dalam gagasan atau pemikiran mereka. Disempurnakan dengan hasil tukar gagasan dari siswa lainnya dan terakhir disempurnakan oleh guru sebagai proses akhir. Demikianlah Ulasan dalam blog anekatemmodelpembelajaran semoga anda dapat memetik manfaat dari artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar